Jiwa pada dasarnya hanya mengenal cinta kasih dan damai terhadap semua makhluk hidup, dan jiwa menjalani kehidupan reinkarnasi berulang kali sebagai manusia untuk belajar dan berkembang sesuai dengan kontrak jiwa. Ada saatnya jiwa sudah merasa lelah dengan perjalan kehidupan sekian lamanya dan itulah yang disebut dengan Jiwa Tua.

Kemudian terjadilah masa masa dimana jiwa tua dibangkitkan secara spiritual, dengan dihadapi oleh tragedi (hubungan dan situasi yang menyakitkan) Proses jiwa terbangun secara spiritual adalah saat yang sangat menyakitkan karena itu adalah proses memurnikan jiwa untuk dikembalikan dalam keadaan semula, jiwa  yang hanya mengenal cinta kasih dan damai seperti sebelum jiwa terlahir ke dunia.  Setelah melewati prosesnya, tidak ada pilihan lain kecuali menjalankan hidup secara spiritual dengan menjadi diri sendiri. Salah satu yang didapatkan oleh jiwa yang terbangun adalah kebohongan yang bertujaun untuk mengembangkan kehidupan dunia, istilahnya adalah realisasi terhadap diri sendiri. Lalu apa yang terjadi setelah melalui proses itu? terus belajar dan berkembang sesuai dengan kontrak jiwa masing masing.

Kunci keberhasilan dalam menjalankan kehidupan spiritual adalah berusaha untuk selalu sejalan dengan jiwa agar selaras dalam kehidupan sehari hari. Beberapa tanda hidup kamu sejalan dengan jiwa adalah:

  • Berbahagia. Sesuatu yang datangnya dari Jiwa akan selalu membuat bahagia, setiap langkah kecil akan membawa perubahan positif.
  • Selalu bertanya. Sudah pasti tidak akan merasa bosan karena satu hal kecil yang di lakukan akan selalu menjadi pertanyaan.
  • Ingin mengetahui lebih dalam tentang alam semesta. Pola pikir mereka berubah tentang kehidupan dan alam semesta yang berasal  dari satu sumber.
  • Selalu mencoba. Hal ini datang dari intuisi untuk mencari sesuatu yang sudah disepakati sebelum sebelumnya.

Disini saya juga akan menguraikan tanda tanda jika seseorang tidak sejalur dengan jiwa:

  • Tidak bisa keluar dari satu masalah.
  • Perasaan depress.
  • Bingung dan putus asa,
  • Rasa takut yang menghantui.
  • Takut akan perubahan.
  • Fokus akan satu hal yang selalu membuat emosi tidak terkendali.

Perjalanan Spiritual memanglah tidak mudah, karena semua ini sangat baru untuk yang menjalaninya dan sangat kurangnya informasi diluar sana. Dalam perjalanan spiritual tidak ada yang bisa membantu selain dirimu sendiri, itulah alasannya mengapa kamu akan selalu bertanya tentang sesuatu yang kamu jalani.

Tidak semua orang mengalami hal serupa dalam perjalanan spiritual, beberapa ada yang selalu menjaga untuk memberi petunjuk dalam proses pencarian tujuan hidup, penjaga itulah yang disebut Spirit guide atau Roh penjaga.

Salam damai selalu.